Monday, 10 September 2012

REMOTE PLASMA T-77 dan TV TCL

         Pada akhir-akhir ini banyak sekali berbagai merk remot Universal bermunculan dipasaran dunia elektronik. Secara bentuk fisik dan estetika serta keunggulan bahkan kelemahan dari remot itu sendiri. Ada yang diperuntukkan televisi,AC rumah tangga VCD/DVD player dan sebagainnya. Nah kali ini yang saya paparkan adalah mengenai sebuah remot TV Universal dengan merk PLASMA seri T-77.
         Mengapa hal ini harus saya paparkan disini?. Hal ini tidak lain dikarenakan saya telah menggunakan remot ini pada saat mereparasi sebuah televisi bermerk TCL dengan ukuran 14 inch,dengan type1497N dan menggunakan ic single TDA 11135PS/N3/3.Adapun keadaan televisi tersebut pada waktu itu adalah tv menyala normal namun tombol panel tidak dapat diakses dikarenakan fungsi child lock dalam keadaan aktif dan apesnya pada waktu itu remot asli bawaan tevenya sudah rusak,mati karena telah terendam air karna ulah anak-anak si pemilik televisi. Hal ini sebenarnya cukup mudah mengatasinya yakni hanya dengan menon aktifkan fungsi child lock pada menu televisi terbut. Namun karena tidak ada remotnya maka sebenarnya juga bisa menggunakan remot universal,namun sayangnya setelah mencoba dari sekian banyak merk dan type remot universal yang ada di pasaran tidak ada yang bisa berkoneksi dengan televisi yang satu ini. Akhirnya saya punya pemikiran untuk mengganti ic memory televisi tersebut. Dan benar setelah penggantian ic memory tersebut tombol panel memang bisa dipakai kembali,namun sayangnya setting option dasar dari eepromnya saya rasa kurang pas untuk tv tersebut sehingga terpaksa harus melakukan setting ulang. Mau tak mau akhirnya saya harus berburu remot universal karena beli remot yang persis bawaan tv tersebut sudah kesana-kemari namun saya tidak mendapatkan dan akhirnya saya dapati sebuah remot iniversal sebagimana yang tertera pada gambar di atas. Remote oni dapat berkoneksi dengan tv yang saya perbaiki dengan mensetting remot tersebut dengan menggunakan kode 528. Namun tidak sepenuhnya tombol dari remot tersebut berfungsi secara relevant dengan televisi.,tapi malah hal ini membawa keuntungan tersendiri bagi saya.


Apa pasal?.....karena dengan ini secara tidak sengaja saya bisa masukOPTION SETTING TCLhanya dengan menekan tombol RECALL atau PRESET di remot tersebut makakemudian di pojok kiri bawah televisi muncul huruf P,kemudian untuk masuk ke menu option settingnya kita bisa menekan tombol 1 sampai tombol angka 9 di remote control dan untuk men-save dan keluar dari sermod tekan kembali tombol RECALL.
            Kemudian karana saya anggap remot ini sangat berbahaya bila dipakai oleh user atau pengguna tivinya karna dikhawatirkan terjadi perubahan option settingnya sehingga malah menyebabkan kerusakan  lagi pada televisi itu maka pada akhirnya sebelum saya pulangkan tv tersebut si remot saya bongkar dulu untuk mematikan fungsi tombol recall dan preset.

0 comments:

DesignTemplate By : KBG KolomBlogGRATIS.blogspot.com