Admint "BLOG'S - HM - J. SUANDY

  • Pasang & Service Parabola Hub. "HP - 085863334821

  • Home » » Sony trinitron KV1404GE bergaris horizontal

    Sony trinitron KV1404GE bergaris horizontal


    Suatu hari datang seorang pelanggan membawa sebuah tv jadul bermerek
    Sony dg type KV1404 GE dg problem tv bisa start tapi hanya ada garis
    melintang dari kiri ke kanan tepat di tengah layar. Pikirku ini pasti
    ada komponen yg gak beres di bagian vertikal. Tv langsung ku obrak
    abrik,ternyata benar dugaankuh,kudapati sebuah elco dg kapasitas
    1000uf/35v di dekat ic vertikal uPC1488H dlm keadaan mengembung.
    Langsung aja kuganti dg kapasitas 1000uF/50v biar lebih awet. Kemudian
    kucoba nyalakan tv,mak byak...tv menyala dg layar full,tapi
    eit...raster semut alias noise salju gak mau muncul,layar putih
    disertai garis-garis putih,osd tampak remang-remang. Oalah opone maneh
    iki?....lalu kubalik PCB dg nomor 1-630-436-21. Kutelusuri lagi dg
    extra hati-hati karena chasis tv ini masih nyetrum sebab belum
    mengadopsi power suply ac matic spt tv baru saat ini. Kucoba test pada
    ic oscilatornya yg bertitel CXA 1213 S,kulepas socket kabel rgb yg
    menuju crt. Kuukur tegangan rgb output dari ic oscilator itu dan
    ternyata hasilnya nol semua,tester andalanku tak menunjukkan adanya
    tegangan sama sekali. Wah...ini ic udah waktunya istirahat,pikirku.
    Langsung aja aku ngibrit ke toko JAYA elektronic dg berjalan
    kaki,karna memang toko tsb gak jauh dari rumahku, dg membayar Rp
    85.000 kuperoleh ic baru. Sesampainya di meja kerjaku langsung ku
    tancapkan ic tsb lalu kusolder dg baik. Setelah selesai menyolder
    kusambungkan kembali semua kabel-kabel yg sempat ku lepas, kembali
    kunyalakan tv dan mak jrengg...tv normal kembali,semut-semut datang
    kembali. Akhirnya kupasang kembali casing tv dan alhamdulillah bayaran
    deh..?! Hehehe 
     
     

    Tv Sony trinitron KV G51B1 tak ada gambar

    Sehabis pulang dari sholat Jum'at kemarin,kusempatkan melanjutkan aktifitas dg dg mengangkat sebuah tv ke meja kerjaku, tv tsb bermerk Sony Trinitron dg type KV G51B1. Ic oscilator memakai TDA8366,ic vertikal TDA7830,nomor chasis 1-657-923-13. Kunyalakan tv terdengar suara cepret cesss...waduh sepanjang kabel kop fbt keluar semburan listrik tegangan tinggi. Segera kumatikan tv,kubersihkan kabel tsb menggunakan kain lap yg kubasahi dg thiner A kemudian kulilit disepanjang kabel dg isolasi merk unibell. Trus kucoba nyalakan lagi,kali ini percikan listrik tak ada lagi,kutengok pada layar tv,eit...gelap sama sekali gak ada gambar. Lalu kucolokan jack antena,eh...ada suara dari stasiun tv. Gambarnya mana? Kuintip diujung crt,ternyata heater nyala tapi layar kok gak melek ya,tak puter trimpot pengaturan screen yg nempel di modul rgb,loh...kok gak fungsi? Nah mulai ketahuan nih biangnya. Ku ukur tegangan pada pin G2 socket crt nyatanya benar gak ada tegangan,padahal seharusnya ada tegangan sebesar 800-1000 volt. Kutelusuri kabel kabel yg menghubungkan tegangan 1000v ke G2 crt,ternyata berpangkal pada kaki colector tr horizontalnya. Nah di sisi sebelah dalam fbt kudapati sebuah resistor ( r852 )kecil mungil ukuran 1k ohm lagi gak bernyawa alias modar. Resistor ini sbg r fuse terpasang seri dg diode ( d852) lalu menuju kabel yang ke trimpot untuk mengatur screen G2. Tanpa ragu lagi kuganti aja dg yg baru,dan gak lupa kusolder ulang semua titik solder di bagian power suply,bagian horizontal dan vertikal serta pada titik-titik yg bertegangan tinggi. Setelah selesai kunyalakan lagi,mak byaar...tv melek lagi,muncul gambar artis ibu kota. Ku lihat gambar dg seksama,kok gambarnya kurang natural sih,langsung aja kuoprek lewat sermodnya. Urutannya adalah sbb:
    tv keadaan standby,lalu pencet tombol di remote secara simultan ; OSD-5-vol UP-power ON,setelah muncul menu servisnya kugunakan tombol angka 1 untuk lompat ke submenu,tombol 3 untuk adjust up,tombol 6 untuk adjust down,dan tombol mute untuk me-write/menyimpan setting. Selesai dah..dan akhirnya bayaran deh,hehehe..

    Sumber  :  http://tehnikaelectronic.blogspot.com/
    Advertisement

    0 comments:

    Post a Comment

    SEWA MOBIL Cp-081280799229

    Www.Monitor.net.ru

  • www.digitalmas.co.id

  • Solectv.blogspot.com

  • tvservicemenu.blogspot.com

  • mouse

    Powered by Blogger.

    Laptop & Netbook

  • Monitor Lcd

  • Ajsteknik.com

  • specialistlcd

  • notifikasi
    close