Admint "BLOG'S - HM - J. SUANDY

  • Pasang & Service Parabola Hub. "HP - 085863334821

  • Home » » Antena

    Antena

       Salah satu syarat agar sebuah televisi dapat menerima siaran dari transmitter adalah harus ada antenanya yang memang fungsinya menangkap signal-signal yang dipancarkan dari stasiun televisi. Dan antena pun sudah banyak tersebar di seluruh penjuru dunia dengan berbagai bentuk, merk dan kwalitasnya. Namun untuk mendapatkan itu semua butuh merogoh kantong kita. Nah untuk lebih hemat dan untuk lebih dapat mengembangkan kreatifitas kita sebenarnya antena televisi dapat kita bikin sendiri dengan biaya yang sangat murah atau bahkan bisa dikatakan tak mengeluarkan biaya sama sekali jika bahan yang diperlukan kita ambil dari barang bekas yang sudah ada di rumah kita.
           Adapun bahan-bahan yang diperlukan adalah beberapa lembar seng atau alumunium saja sebagai elemen utamanya.Pada experimen kali ini aku menggunakan lembar alumunium bekas sebuah oven roti yang pemanasnya menggunakan kompor.Alumunium tersebut saya potong menjadi beberapa bagian untu membentuk dua elemen utama dari antena, yang mana bagian itu disebut dengan reflektor dan yang satunya lagi disebut dengan driver yang mana pada bagian ini disambungkan dengan kabel yang selanjutnya menghantarkan signal-signal menuju pesawat televisi. Untuk lebih rincinya tengok saja gambar di bawah ini:

    BAGIAN REFLEKTOR



    Karna alumunium yang saya pakai sangat tipis maka sengaja pada tepiannya saya buatkan lis untuk memperkokoh bagian reflektor ini agar tidak berkibar seperti bendera saat dihempas sang bayu. Lalu dudukan untuk menyatukan antara reflektor dg driver sebenarnya dapat menggunakan sebuah balok kayu dg cara memaku kedua elemen ini,namun kupikir jika menggunakan kayu akan cepat lapuk jika terkena hujan dan panas bergantian.Jadi untuk dudukannya di sini kubuatkan menggunakan alumunium berbentu huruf L yang kubentuk dari sebuah heatsink bekas televisi,agar lebiah kuat dan lebih praktis. Pada bagian tepi lembaran saya toreh menggunakan pisau cutter agar mudah untuk mellipatnya sewaktu memasang kawat lis. Nah setelah reflektor jadi maka ukuran panjangnya adalah 50cm sedangkan lebarnya adalah 35cm. Selanjutnya adalah pengerjaan bagian driver yang detilnya seperti tampak pada gambar berikut :

    BAGIAN DRIVER

    Khusus untuk dudukan driver aku bikinkan dari plastik yang kuambil dari bagian pojok sebuah casing radio lama yang kebetulan agak tebal dan dan kokoh. Loh...yang tadi dari heatsink kok yang ini dari plastik? ...... hehehehee tujuannya tak lain adalah supaya bagian driver ini tidak terkonduktor langsung dengan bagian reflektornya. Yes...... setelah semua bagian telah jadi  kini tinggal menggabungkan kedua elemen antena tersebut. Untuk pegangannya saya gunakan batang alumunium yang memang bekas antena televisi juga. Adapun penempatan antara reflektor dan driver jaraknya adalah 11cm. Lalu kusatukan dengan sekrup-sekrup yang memang udah saya buatkan lobang-lobangnya pada dudukan dan batang alumunium bekas antena tersebut dan secara jelasnya setelah dirakit terlihat seperti pada gambar ini:


     Oh iya adapun pada reflektornya sengaja saya buatkan lubang-lubang yang sangat banyak dan bolongnya cukup lebar,maksudnya adalah untuk lebih meredam tenaga angin yang menerpa reflektor tersebut jika sudah mengudara. Nah bentuk nyatanya adalah terlihat pada gambar dibawah ini. Hehehehehehe sengaja saya merah merahin karena item-item sisa jelaga dari kompor minyak gak kelihatan.

    Advertisement

    0 comments:

    Post a Comment

    SEWA MOBIL Cp-081280799229

    Www.Monitor.net.ru

  • www.digitalmas.co.id

  • Solectv.blogspot.com

  • tvservicemenu.blogspot.com

  • mouse

    Powered by Blogger.

    Laptop & Netbook

  • Monitor Lcd

  • Ajsteknik.com

  • specialistlcd

  • notifikasi
    close