Monday, 10 September 2012

GOLDSTAR TAK BISA MENYIMPAN PROGRAM


              Sore kemaren datang seorang teman yang juga menjalani profesi sebagai montir elektronik dengan membawa sebuah chasis televisi kepadaku. Kulihat pada chasis televisi tersebut tertancap dua buah ic utama yang bertype LG 8343 sebagai ic programnya sedabgkanyang kedua adalah TA8690 yang digunakan sebagai ic chroma,langsung kutebak ohhhhh ini mesin tv Goldstar ya?.............Lantas kutanyakan kepada temanku tersebut kenapa dibawa kesini?. Menurut temanku tersebut tevenya jika disearching gak bisa menyimpan siaran televisi. Jadi sewaktu diprogram siaran sempat nampak namun nomor chanel tv gak bisa berpindah dang siaran televisi gak ada yang nyangkut sama sekali. Sebagaimana biasanya langsung menuju sasaran jika saya mendapatkan garapan merk Goldstar dengan keluhan yang seperti ini maka yang saya periksa adalah tegangan yang ada pada pin AFT dari IC Programnya,nah disituseharusnya ada teganan sebesar kurang lebih 3volt DC,jika tidak ada bisasnya hal ini disebabkan oleh C2 dg ukuran 104nF yang menghubungkan pin AFT ic tersebut dengan Ground sudah short . Jika di titik ini sudah normal tapi masih belum bisa menyimpan progam juga maka lanjutkan penelusuran yang masih berada di jalur AFT juga,yakni menuju sebuah transistor penguat AFT out put yang dikeluarkan oleh ic chroma,letaknya berada di samping alumunium pendingin penguat audio yaitu sebuah transistor C3198 engan kode board Q 507,ganti saja dengan yang baru.


Namun ternyata masih bandel lagi maka yang kuoprek adalah coil aftnya kali ini tidak kuganti dengan yang baru melainkan dengan mengorek capasitor internal yang ada di dalam bungkus coil aft tersebut,lalu kugantikan dengan sebuah capasitor dengan ukuran 47pF dengan cara menyolder langsung pada kedua kaki coil dibalik pcbnya.
 eeeeeeeeh ternyata masih belum bisa nyimpen juga. Karena sudah capek hunting kerusakan dan mata udah pedes maka ulanjutkan dengan besrpekulasi untuk mengganti ic programnya. Naaaaaaah ternyata pekerjaanku kali ini selesai sampai di sini dan tevepun bisa menyimpan siaran lagi sebagi mana mestinya.

Nah dari sini kuambil kesimpulan jika sewaktu waktu menemui garapan bermerk GOLDSTAR dengan keluhan seperti ini maka yang akan kulakukan adalah:
  1. Mengecek tegangan yang ada pada pin AFT ICprogram.
  2. Mengecek trasnsistor penguat AFT Output dari ic chroma
  3. Mengganti coil AFT dg yang baru atau mengganti capasitor iternalnya.
  4. Mengganti ic program jika keadaan teve masih belum dapat menyimpan siaran.
  5. Mengganti ic chroma jika setelah penggantian ic program masih belum bisa nyimpan program ( jika semua langkah tsb diatas sudah dilkasanakan namun teve masih tetap membandel.


LG FLATRON TROUBLE AUDIO

     Mungkin temen-temen seprofesi sudah tidak asing lagi dengan gangguan kerusakan yang sering terjadi pada salah satu tv keluaran LG jenis flatron yang bertype 21FB7RG ini. Trouble audio begitu saya menyebutnya, karna pada tv jenis ini saya udah beberapa kali mendapati gangguan seperti ini. Ciri-cirinya adalah pertama dinyalakan tv ini normal seperti biasanya namun setelah beberapa saat agak lama antara 1/2 jam atau lebih lama tiba tiba dari speaker tv ini terdengar suara gemeretak seperti kembang api atau petasan.Awalnya bunyi letupannya agak jarang tapi lama kelamaan menjadi lebih kerap dan lebih keras. Hal ini penyebabnya adalah gangguan pada IC volumecontrol/surround audio yang bernomor seri LV116NV.  Dalam menangani hal kerusakan ini ada beberapa pengalaman yang pernah saya lakukan. Pertama gangguan ini dapat saya atasi dengan mencopot ic tersebut kemudian membersihkan seluruh pinnya dengan sapuan thinner A dan juga membersihkan areal tempat ditancapkannya ic tersebut lalu masuk ke servis mode dan mengubah audio optionnya (setereo/mono). Namun pernah juga cara ini tidak bisa menyelesaikan gangguan dan harus mengganti ic surround tsb.
       Adapun jenis gangguan lain yang berkenaan dengan ic LV116NV ini adalah televisi tidak mengeluarkan suara seperti halnya kerusakan pada penguat Amplifiernya padahal sebenarnya ic Amplifiernya masih dalam keadaan bagus. Namun dalam hal ini disertai dengan tombol panel atau remot control jika dipencet OSD ditv agak lemot munculnya,dan setelah muncul langsung hilang lagi. Jika gangguan sudah seperti ini maka jalan yang harus ditempuh adalah mengganti IC LV116NV tsb. Nah gangguan semacam ini juga pernah pada beberapa merk televisi yang juga menggunakan IC volume/sound control jenis LV116NV ini baik yang berbentuk biasa maupun yang berjenis SMD ( laba-laba ).
     Sekian dulu sharing pengalaman saya kali ini semoga bermanfaat bagi kita semua.

 

LG 14J2RB MATOT

Lagi lagi garapan kemriuk,hari ini datang ke tempatku sebuah tv 14 inchi dalam keadaan matot gak bisa nyala. merknya adalah LG dg type LG 14J2RB dengan casing berwarna silver.Tv ini menggunakan ic jungle tapi lupa gak kucatat hehehe.Fbtnya pake 6174V-6002U. Ku buka casing belakang lalu kucoba nyalakan lagi,terdengan suara nyiiiiit tek-tek-tek. Kemudian kutarik  casisnya dan kubalik,kucolokkan steker listrik,kuukur tegangan b+nya terukur nol volt. Kulepaskan transistor horizontal yang bertitel TT 2170 lalu kuukur dgn tester dan ternyata masih bagus. kuukur lagi tegangan b+ dlm keadaan tanpa tr horizontal dan ternyata masih gak ada tegangan.Setelah pengukuran sana sini dan akhirnya kutemukan juga biangnya yaitu sebuah capasitor kecil dengan ukuran 391pF/1600v dalam keadaan terluka karna kebakar.Capasitir ini terletak dekat dg fbt,terparalel dengan c 862/1600v.Langsung aja kuganti dengan ukuran 391pF/2kv biar gak cepet gosong lagi. Serta transistor horizontalnya kuganti dengan dengan TT2190. Kukembalikan casing ke dalam casing kututup kembali dean bayaran dehhhhhhhhh.

1 comments:

Ahmad Umar Hafid said...

lho...ini kok punyaku semua ya?

DesignTemplate By : KBG KolomBlogGRATIS.blogspot.com