Wednesday, 5 September 2012

Catatan pengalaman Service



Tadi malam habis nyelesaikan servis TV Sharp dengan kerusakan nyala sebentar trus protek. Saat masih nyala tampilan gelap hitam, suara juga tidak ada.

Bila screen diputar menuju max tampil blanking seperti gambar disamping. setelah itu mati protek. sesaat tampak sinar terang sekejap (klap) berupa beberapa bulatan cukup besar masing2 berwarna merah, hijau, biru.

Awalnya TV dalam keadaan mati total setelah ganti STR, dioda zener D710 dan D716(3.6V&5.6V), TV dapat menyala.

Kata sang pemilik mas Darto, Kanutan, Jogonalan. memang sebelum mati total. tampilnya gambar seperti itu.

Cek visual tampak IC tunggal IX3410, dan komponen lain tidak ada hal mencurigakan. coba jumper service J122-j124 dishortkan ternyata pesawat dapat nyala agak lama. pengukuran teg utama B+115V, 5V,8V, 24V, 180V, tampak normal. tiba saat ukur kaki ABL FBT kok tampil 60 volt normalnya ndak lebih dari 20V, ini dia ketemu titik terang.

Uprek seputar ABL ketemu R604 39k antara ABL ke GND kondisi putus tus tus.
Setelah diganti TV dapat normal kembali.




TV SHARP Q-vision hilang warna hijau





Cukup lama tidak isi blog, alhamdulillah diberikan kesempatan lagi.

Kali pengalaman dapat order servis dari mas Edi dompyong, televisi SHARP Qvision 14 inch type sudah tidak kelihatan pada labelnya. Dengan kerusakan tampilan layer merah kecoklatan, tampak warna merah dan biru, lalu kemana perginya temannya yang satu lagi….yaitu warna hijau.

Cek visual nampak ok ok saja, IC chroma TDA8360, FBT F0063 PE-M. Dari pengukuran katoda KR dan KB tampak normal 80-125 VDC, tetapi pada KG kok jauh beda sekitar 140-150V. pada basis TR penguat C2229 terukur untuk pada R dan B 2.5V pada G hanya 1.2V lalu siapa yang menkorupsi(kata kang Aisy) . curiga TR ini short kaki B-E teryata tidak.

Penelusuran berlanjut sampai pin RGB out ic chroma. Akhirnya ketahuan juga biang keladinya sebuah dioda zener dalam keadaan short, Zener 8.2V terpasang antara RGB out ic chroma ke ground.

Setelah diganti tampilan normal kembali.

0 comments:

DesignTemplate By : KBG KolomBlogGRATIS.blogspot.com