Admint "BLOG'S - HM - J. SUANDY

  • Pasang & Service Parabola Hub. "HP - 085863334821

  • Home » » Macam-macam rusak tv

    Macam-macam rusak tv


    service TV sanyo mati total standby

    Sewaktu saya servis tv sanyo , saya mendapat kerusakan tv sanyo mati standby . saya cek semua dan saya ukur tegangan nya semua normal . setelah itu saya berfikir kenapa ya…….. ?
    saya putuskan kabel yoke satu persatu mulai dari kabel horizontal lalu kabel vertical hasil nya sama saja . lalu saya sambung kembali .
    dan saya cabut soker CRT , ternyata hidup tapi tidak keluar gambar . jadi ber arti masalah ada disini saya cek teg RGB baik . lalu saya cabut kabel filament dan saya hidupkan , berhasil…… langsung saya ber prediksi bahwa tegangan yang ada di filament arus nya kurang karena dibagi oleh rangkaian lain . untuk mengatasinya saya rubah resistor yang ke jalur lain atau saya besarkan nilai resistornya sedikit ternyata benar berhasil .
    yah inilah pengalaman saya sewaktu saya servis tv sanyo .



    service TV Toshiba strip lama-lama penuh

    Toshiba memang tv yang agak susah spareparts nya dan juga tidak gampang servis nya , kalau tidak berpengalaman bisa gagal .
    Saya pernah servis tv Toshiba yang gambar nya strip lama –lama penuh , kurang lebih setengah jam baru penuh .
    Saya sudah cek bagian rangkaian IC vertical nya baik semua kecuali saya cek output vertical nya memang berubah tapi lama kelamaan normal . setelah saya berpikir sejenak , mungkin bagian oscillator vertical nya , ternyata benar ada satu lagi elco yang belum saya cek yaitu elco 2,2 / 50 volt nya berubah nilai , tapi lokasinya ada dibawah PCB atau chasis . lalu saya ganti elconya , ternyata benar tv langsung saya hidupkan langsung penuh .
    Saya saran kan untuk penggantian elco tersebut anda ganti dengan elco yang bagus jangan yang abal-abal kalau tidak nanti ada masalah lain .



    solusi kerusakan tv LG mati total standby

    servis TV hidup sebentar , sebelum keluar sinar sudah stanby kembali , kerusakan ini memang sukar diterka letak kerusakan nya .
    Untuk mengatasi kerusakan ini coba anda putuskan teg Vcc rangkaian demi rangkaian , misalnya rangkaian suara , coba anda hidup kan tanpa rangkaian suara bila hidup berarti rangkaian tersebut ada kerusakan .
    Anda harus mencoba putuskan satu persatu rangkaian sehingga anda berhasil .insya ALLAH berhasil..
    Ini pengalaman saya sewaktu saya sedang servis TV LG , saya putus kan kabel yoke untuk bagian horizontal lalu saya hidupkan ternyata hidup tapi ada garis putih dari atas ke bawah yang menandakan hubungan yoke horizontal terputus , begitu saya cek memang benar ada salah satu condensator yang volt nya besar 2 KV putus dekat flyback lalu saya ganti langsung dan saya sambungkan kembali kabel yoke yang saya putuskan tadi .
    saya hidupkan TV LG tersebut ternyata byaaaar aja oke , lalu saya minta ongkos servis TV dan spareparts seratus lima puluh ribu aja bagaimana……..ini saya kerjakan hanya kurang lebih 2 jam .



    service TV cina

    Untuk servis tv china sering sekali saya menjumpai elco yang rusak , terutama bagian sekunder power supplay biasa nya elco yang tegangan tinggi missal nya 160 volt atau 250 volt juga IC vertical nya mungkin karena heat sink nya dipakai untuk IC vertical dan power horizontal
    Tanda IC vertical rusak jikalau resistornya putus atau terbakar pasti IC vertical nya rusak kemung kinan tegangan Vcc 24 volt nya melebihi dari 24 volt .
    Untuk gambar seperti tv lawas warnanya keluar atau gost itu biasanya rusak elco yang 250 volt nya yang kejalur katode CRT ( RGB ) dan banyak lagi masalah –masalah kerusakan tv buatan china itu .yaitu transistor horizontal , capasitor yang tegangannya tinggi 2KV
    Yang penting anda harus teliti dan tidak gampang menyerah , ikuti terus artikel – ertikel lain nya di cara servis tv dari saya untuk anda , beri tahu teman bila ini bermanfaat. Tuggu ebook nya yang belum selesai . untuk melengkapi artikel ini anda boleh tulis komentar mengenai kekurangan artikel in



    Service tv gambar gelap kadang terang

    Selamat sukses .
    ada beberapa komentar mengenai TV , gambar nya kadang gelap waktu pemula di hidupkan ,jelang 1-5 menit kadang nyala sendiri , kadang 2 harus digoyang-goyang dulu TV nya baru nyala lagi , itu sih gampang kawan…. begini cara nya
    Buka tutup belakang nya , hati2 pelan-pelan setelah terbuka lihat dibelakang tabung atau layar ada PCB kecil atau sasis kecil nama nya soket CRT , lalu panas kan solder , siapkan timah solder , solder ulang PCB tersebut terutama kaki soketnya yaitu kaki HEATER nya atau filamennya yang ada angka dari 1 sampai 9 atau 7, biasanya solderannya kering / retak.setelah itu tes TV tersebut dalam keadaan terbuka kalo udah nyala coba diketuk-ketuk pelan-pelan PCB nya kalo ga mati lagi atau gelap berarti sudah oke .



    Perbaiki tv chanel pindah-pindah terus.

    Anda sedang asik nonton TV tiba2 chanel nya pindah sendiri
    kadang-kadang volumenya besar sendiri Kecil sendiri
    kadang juga pindah ke AV
    itu disebab kan karena tombol tersebut jarang dipakai
    sehingga komponen yang ada dibelakang tombol tersebut , kadang tombol itu sendiri
    menjadi kotor dan lembab .
    perbaikinya nya adalah ganti tombol atau push on yang ada didalam TV tersebut
    buka tutup belakang TV ,tarik sasis nya keluar ganti push on nya semua
    biasa nya ada 6 push on
    oke mari kta mulai panas kan solder, cabut satu persatu
    kaki nya hanya dua , yang lain ground
    ga bakal salah deh , yang penting waktu beli komponen nya bawa contoh
    selesai ganti semua
    jajal pasti sip…….deh. terus masukkan kembali sasis keasalnya dan pasang kembali tutup
    belakang TV tersebut . jadi deh…. Gampangkan…..
    kalau anda mau sukses ingat http://www.perbaikitv.co.cc bisa…….. tunggu e-book nya



    Tip merawat TV .

    Tv di zaman sekarang kalau kurang perawatan , tv akan cepat rusak . apa lagi kalau tv nya bukan merk terkenal .
    Ini sih sekedar tips saja mungkin bermanfaat bagi anda . coba perhatikan tips dibawah ini :
    - Bila tv hendak dimatikan , matikan pakai remote dulu baru matikan powernya ini yang paling baik .
    Jangan biarkan tv dalam keadaan stanby terus berlama-lama , apalagi kalau anda ingin keluar rumah , sebab nya sebagian komponen masih aktif .
    - jangan menutup lubang / kasa ventilasi atas , biasa nya orang suka menutup atas tv dengan
    alasa supaya jangan kotor atau kelihatan rapi . padahal memang sengaja pabrik mendisain seperti itu agar panas yang berada didalam bisa keluar lewat lubang-lubang ventilasi tersebut
    kecuali tv dalam keadaan mati .
    - bila anda ingin bersihkan body tv . pakai lah lap basah tapi jangan terlalu basah agar jangan
    sampai air menetes kedalam tv . bila terjadi hal seperti itu atau tv anda ketetesan air hujan ,
    keringkan tv nya dulu sampai kering pakai pengering rambut , setelah kering baru anda hidupkan tv nya .
    - kadang anak-anak kalau sudah main game di tv , sudah tidak ingat lagi waktu , kadang satu
    harian penuh . padahal tv harus sudah istirahat maximal pemakaian 6 jam , setelah 1 ~ 2
    jam istirahat silahkan hidupkan kembali .
    - bila anda punya speker besar-besar jangan taruh tv dekat speker tersebut. Kadang tv anda bisa
    kemasukan magnit dari speker , nanti tv anda warna nya jadi belang atau yang seharus nya warna merah jadi biru ga lucu kan ? .
    - satu lagi bila anda ingin bepergian jauh sebaiknya antenna tv anda dicabut , agar terhindar dari
    yang nama nya petir , walaupun listriknya dicabut .



    TV mati setelah semalam nonton bola.

    Aku pernah mengalami sendiri tv saya mati seperti ini .
    Paling sebel kalo TV mau distel ga mau hidup , lampu standby nya pun mati . ini sering
    terjadi……” tadi malam hidup, ko .. sekarang malah mati ? kenapa ya…
    eeee…ga tau nya disebab kan dari steker listrik yang jarang di control .
    kadang dimatikannya pakai remote aja , sehingga standby terus .
    kadang juga steker nancap terus sampai setahun dua tahun ga pernah dikontrol. Achirnya lama kelamaan stekernya panas , kendor, keluar bunga api , terbakar dengan tidak disadari .
    Ini bahaya lo… Bisa terjadi kebakaran
    hati-hati kalo matikan tv sampai tuntas . matikan tv power on / of nya.
    Ayo…kita teruskan …. begitu mau distel paginya ga hidup….?!
    karena kabel steker terbakar ,mungkin putus kawat dalam dari pada dalam kabel itu , jadi tv nya ga mau hidup.Solusinya gimana hayo…..
    ayo kita praktekan potong kabel dekat
    stekernya , pasang steker yang baru hidupkan byar………hidupkan sekarang .
    gampangkan……..? nyok kita ikutin terus minggu depan bersama saya , sedikit2 aja yang penting
    lama2 anda bisa reparasi TV anda sendiri . dulu juga saya sebelum jadi technisi saya sering2
    utak-atik TV , memberanikan diri yah……. paling resikonya rusak tanya teman , tetangga atau
    bawa kebengkel deh….. kan emang tadinya juga rusak .
    sampe disini dulu artikel yang sederhana ini nanti kita lanjutin lagi okeh….
    anda perlu scema TV ……….. merk fuji elektrik , sierra , konka , Samsung dan pilips ?
    hubungi saya melalui email atau mau Tanya masalah2 kerusakan TV ….?



    Service TV tidak ada gambar , hanya ada gambar gembok.

    Hai kawan-kawan pernahkah anda mengalami tv ga ada gambar , hanya ada gambar gembok ?
    Alias terkunci hee…hee…..hee…
    TV dijaman sekarang udah ga asing lagi bagi kita , bahkan diploksok kampung , desa , paling kagak punya yang namanya TV. saking banyaknya TV pasti ada aja yang rusak . Nah ….. kalo udah begitu , mau dibawa kemana ? bawa ke bengkel TV udah pasti anda harus merogoh kocek , mana acaranya bagus bola , tinju , sinetron eeh….malah TV nya rusak ga ada gambarnya .cuma yang ada gambar sebuah
    gembok disudut layar atau ditengah layar .padahal ini bukan kerusakan , cuma mungkin anak2 suka pencet 2 tombol Remote aja ,
    ahkirnya program TV terkunci deh…..! nah…… bagaimana cara membukanya ?
    Okeh …… yuk.. kita betulin sendiri
    Anda ga usah buka2 tutup belakang TV , cukup anda ambil remotenya aja , lalu anda hidupkan TV, setelah terbuka layarnya dan masih terlihat gambar gemboknya , walau dipencet program nya pun ga berfungsi . selanjutnya anda pencet tombol display diremote anda ( lihat gambar ) agak lama jangan dilepas sampai keluar gambarnya normal. setelah itu jadi deh……. gampang kan……?
    Yah…ini hanya sekelumit kerusakan yang ringan saja , untuk selanjutnya saya akan terus memberi anda pengalaman2 saya selama saya menjadi tecknisi TV. gratis…..
    Ikuti terus tulisan saya yang berikutnya sesuai dengan janji saya. Anda boleh Tanya apa saja tentang kerusakan TV .saya akan menjawab semua pertanyaan anda sesuai dengan kemampuan dan pengalaman saya. yaitu cara memperbaiki TV praktis ga teoritis , kita bukan belajar matamatika , ga pake rumus2an , yang penting tau dasar elektro dan praktek langsung ke TV bisaaa ! Kirimkan masukan 2 anda , saran2 anda , serta komentar anda yang membangun pada kolom komentar yang saya sediakan nanti .
    Blog ini juga saya buat dengan kemauan nekad , padahal saya ga punya kemampuan dalam ber internet .mudah 2an pelajaran mengenai cara memperbaiki TV ini , dapat diterima oleh teman2 dan disebar luaskan kepada yang membutuhkan . chusus nya
    Yang mau belajar perbaikan TV dan para calon tecknisi TV.
    Silahkan tunggu tulisan saya berikutnya……………………gratis. jangan lupa komentarnya teman . Wassalam
    Sumber : http://pakdhebidi.blogspot.com/2012/03/macam-macam-rsk-tv.html
    Advertisement

    0 comments:

    Post a Comment

    Rental Mobil-081280799229

  • SEWA MOBIL Cp-081280799229

    www.izationshop.com

  • www.digitalmas.co.id

  • Solectv.blogspot.com

  • tvservicemenu.blogspot.com

  • mouse

    Powered by Blogger.

    Laptop & Netbook

  • Monitor Lcd

  • Ajsteknik.com

  • specialistlcd

  • notifikasi
    close