Tuesday, 4 September 2012

ANEKA KERUSAKAN TV TOSHIBA

Kali ini saya akan menuliskan pengalaman pribadi sebagai tehnisi.sering kali dapat servisan tv Dengan kerusakan HOT SHORT.begitu di ganti cuma bertahan 1/2hari.biasanya saya putuskan jalur kaki flyback ke colektor kemudian pasang R 0,56ohm 1watt.di jalur yang di putus….ok semoga bermanfaat

Kerusakan TV Toshiba
Toshiba TV Model: 28W23B
Masuk Service Mode
Tekan tombol menu lalu tekan 4,7,2,5
Toshiba TV Model: 198X6M
Tegangan Horizontal output kecil
Periksa kapasitor C403 dan C408 (keduanya 50V) Nilai kedua kapasitor ini sering berubah.
Toshiba TV Model: 28WD98B
TV Standby, Tegangan 16 volt turun menjadi 8 volt
Ganti C872 (220uF, 50V).
Toshiba TV Model: 215R8N
Distorsi Gambar Vertikal
Ganti c317 di CCT vertikal (2.2uf, 50V) dengan 4.7uF . Kalo bisa ganti yang 105 ยบ!
Toshiba TV Model: 219T9B
Intermiten Berubah setelah beberapa jam
Ganti chip IC303 (AN5515)
Toshiba TV Model: 145R7B
Mati total
D808 s c / HT tinggi karna ic rusak (STR50020)
Toshiba TV Model: 210T6BZ
suara tidak normal
Tegangan pada C832 lebih dari 25V! Ganti Q809, C866, C869, C864 dan resolder modul PSU
Toshiba TV Model: 3798DG (Chassis C8SS)
E / W tidak normal
Ganti dioda peredam D461 (ERC20-06)

TV SAMSUNG LAMPU LED KEDIP-KEDIP


Tv Samsung Zoom Vision Hitron dengan type CB-338CV dengan keluhan kerusakan bila tv di on kan tv tidak mau menyala hanya indikator LEdnya saja yang berkedip-kedip terus menerus,tombol panel dan dari remote tak bereaksi,tv ini menggunakan aisy program SZM-173EV dan aisy crhoma TDA8841 S1.
Setelah di lakukan pengecekan di dapati tegangan B+ kegedean,dimana untuk tv Samsung standartnya 125V,di sini terukur 148V,jelas ada yang nggak beres di rangkaian B+ adjustnya.Dari pemantauan fisik didapati C811=1000uf/25v agak kembung begitu di cabut ternyata bocor bawahnya, selain itu  ada R yang melar di rangkaian tersebut yaitu R816=120K.yang menyebabkan tegangan B+ menjadi tidak normal.Pergantian pemain pun di lakukan dan langsung di ujicoba dan ternyata tv bisa hidup raster pun muncul.cek tegangan B+ Sudah normal,kemudian pasang Antena dan coba auto search tidak ada satu siaran pun yang nyantol cuma bintik saja yang kelihatan ,ternyata tv ini  komplikasi sakitnya!akhirnya di dapati D2903=KA33V posisinya sudah short.Saatnya TV untuk ditest begitu pasang antena dan di Auto search langsung menyimpan siaran. Akhirnya normal  kembali tuh Tv samsung…..
by;Miang99

Cara menembak Katode short dengan G1

Cara menembak Katode short dengan G1

KASUS :
  • Raster merah disertai dengan garis-garis blangking
  • Tidak ada gambar maupun OSD
  • Screen coba diminimalkan raster tetap menyala
 
PEMERIKSAAN :
  • Solderan Katode Red pada kaki CRT soket di open – raster tetap menyala merah.
  • Biasanya hal seperti ini disebabkan karena Katode short dengan Heater – maka kami coba mengisolir heataer dari ground dengan cara membuat lilitan pada ferit flyback sebagai pengganti tegangan heater – Tetapi problem tetap sama saja.
  • Kesimpulan kami Katode telah short dengan G1 – maka kami coba open solderan kaki G1 pada CRT soket – Dari percobaan ini terbukti memang Katode short dengan G1
 
ANALISA :
  • Short disebabkan oleh adanya kotoran atau kerak yang terakumulasi pada katode.
  • Short kadang hanya terjadi pada saat heater dipanaskan, jadi ketika teve dimatikan short tidak dapat dicek menggunakan ohm-meter. tetapi kadang short dapat dicek menggunakan ohm-metar.
  • Short atau hubungan antara Katode dengan Heater mungkin mempunyai resistansi beberapa ohm hingga puluhan kilo ohm
 
SOLUSI :
Kotoran dapat dihilangkan dengan cara ditembak. Cara yang pernah kami lakukan adalah sebagai berikut :
  • Lepas soket CRT yang asli.
  • Pasang soket CRT kosong.
  • Beri tegangan heater dari luar menggunakan DC power-suply atau tranfo adaptor dengan tegangan sekitar 5 hingga 6v.
  • Tembak pin Katode dengan G1 menggunakan tegangan listrik AC 220v yang diseri dengan lampu 100w/220v (dengan cara disentuhkan sesaat)
  • Saat ditembak terlihat bunga api keluar didalam lehar tabung CRT. Hal ini menunjukkan bahwa kotoran telah rontok.

 Wildan Tauchid bertanya :
  • Saya masih bingung disaat katoda dan G1 di tembak dgn ac 220v yg diseri dgn bohlam, heater dalam keadaan menyala dan dimatikan baru ditembak.
  • Kalau kondisi shortnya hanya terjadi pada saat teve dihidupkan, maka heater perlu dinyalakan terus menggunakan suply dari luar. Tetapi kalau shortnya terjadi terus walaupun teve dalam keadaan mati sekalipun, maka tidak perlu dengan menyalakan heater
Catatan :
  • Kami pernah coba tembak menggunakan pematik api listrik water-heater atau kompor gas tetapi tidak berhasil.
  • Cara Aisy-Romadhona yang menembak menggunakan tegangan tinggi anode,

servis tv merk NAKAI

Pagi tadi dapat servisan tv cina merk “NAKAI”.katanya tuan tv hilang gambar suara ada,jadi langsung dibuka ini tv ukur tegangan 115 b+ bagus,24v,180v,16v,semuanya normal.ah……jadi bingung nih……coba atur screen di flyback ada gambar tapi buram/tdk fokus cuma sinar putih yang dominan.cek tegangan diskitar kaki flyback didapati lah biang kerok sumber kerusakan tv ini .tegangan abl tdk ada samasekali.lalu urut jalur ada R 506(100Kohm) putus….tus…….setelah pergantian pemain nomor punggung R506 TV Akhirnya bisa hidup normal…….

Polytron 21 slim horisontal kurang lebar

Polytron 21 slim horisontal kurang lebar KASUS : Polytron slim 21inch dengan HBT-01-01G eks gagal service teknisi. Problem horisontal size menyempit kiri-kanan masing-masing kurang lebih 2 cm. PEMERIKSAAN : Tr horisontal sudah diganti dengan tipe lain Kapasitor resonant yang bagian atas nampak bekas disolder (mungkin bekas diperiksa) “Wah….rasanya bakal mendapat problem sulit ini !!!!”……pikir kami TINDAKAN (1) : Pertama cek tegangan B+ ….normal tidak ada masalah. Analisa penyebab jatuh pada kapasitor resonant atas dan bawah nilai berubah (lihat gambar dibawah). Langsung kami lepas kedua kapasitor tersebut. Coba ukur nilainya dengan kapasitor-meter….dan nampaknya tidak ada masalah semua…….wooooo….trus apa lagi ya……. Kami cek data transistor pengganti dengan cara down-load dari “datasheet4u.com”. ternyata “spesifikasi arus” kurang jika digunakan untuk horisontal slim. Maka tr horisontal langsung kami ganti dengan part nomor 2SC5296 ( …….hal ini berdasarkan pertimbangan juga digunakan oleh AKARI slim 21” atau China 29” ) Dan hasilnya gambar langsung…..OK bagus…..ditunggu 10 menit….dipegang pendingin horisontal……dingin-dingin saja…..aman…… …..tetapi ada sedikit keraguan…..apakah tr horisontal betul-betul akar penyebabnya ????? Maka kami test running pesawat……………………dan setelah melalui test dari pagi hingga jam 2 siang………problem kembali kumat…….wah mikir lagi niii…….???? clip_image002 TINDAKAN (2) Kecurigaan tetap jatuh pada kapasitor resonant atas dan bawah (lihat gambar diatas) Iseng-iseng……kami ambil ESR-meter. Kami cek kapasitor langsung in-sirkit tanpa melepas Nilai kapasitor atas menunjukkan angka-7 dan kapasitor bawah menunjukkan angka-5 (…….maksud kami angka yang tertera pada vu-meter yang kami gunakan untuk membuat ESR-meter) Kemudian kami ambil contoh kapasitor dengan nilai yang sama dengan kedua kapasitor diatas. Ternyata kapasitor bawah yang bagus menunjukkan angka-3. Kesimpulan kami kapasitor bawah telah mengalami “penurunan nilai (makin kecil penunjukkan angka pada ESR-meter….maka berarti nilai kapasitor makin besar) Selanjutnya kami lepas kapsitor bawah….dan kami cek lagi…..ternyata nilainya menunjukkan angka-3……..lho……..ini artinya nilai menjadi normal kembali…… Berpikir sejenak…….analisa kami pada TINDAKAN.1…..ketika kapasitor disolder untuk dilepas (…artinya kena panas)….maka mungkin kontak kaki-kakinya menjadi normal kembali sehingga nilainya kembali normal Maka kami putuskan untuk langsung mengganti kapasitor bawah dengan yang bagus saja…… Coba running test………hingga 2 hari………dan hasilnya NO PROBLEM lagi……..THANKS GOD Catatan : ESR-meter sebenarnya “bukan” berfungsi untuk mengukur “nilai kapsitor” Tetapi pengalaman kami ESR meter dapat di-manfaatkan untuk memperkirakan kerusakan kapasitor milar dengan nilai 552 hingga 203 yang biasa dipasang pada kolektor tr horisontal out. Caranya dengan melihat simpangan jarum-meter dengan membandingkan antara kapasitor yang dicurigai rusak dengan kapasitor contoh yang masih bagus.

Sharp 29” mati protek dan led merah kedip 5x

Sharp 29” dengan program IX-3422 dan chroma IX-3396 model 29UF200
Problem pesawat dapat menyala dengan raster noise kurang lebih beberapa detik, kemudian mati protek dan led merah kedip 5x secara berulang. Mau coba auto-search keburu mati.
TINDAKAN :
Pertama kami menyangka problem protek disebabkan disebabkan karena “hard-ware” ada yang bermasalah.
Dilacak semua sirkit protek tidak ada yang bermasalah. Bahkan sirkit protek ke mikrokontrol dilumpuhkan tetap saja protek.
Setelah membaca beberapa koleksi service manual Sharp yang kami miliki, ternyata kedip 5x dapat menunjukkan bahwa protek disebabkan karena “soft-ware” protek, dimana komunikasi antara mikrokontrol dengan ic lainnya ada masalah. Kedip 5x menunjukkan bahwa ada masalah pada sirkit bagian pemroses suara (gambar dibawah).
Maka kecurigaan kami jatuh pada ic kontrol volume, bass, trebel AN5189K. Cek jalur SDA/SCL pada ic tersebut tidak diketemukan masalah…..jadi kemungkinan ic rusak.
Untuk memastikan problem pada ic tersebut, maka kami coba lewat AV-in. Ternyata suara tidak ada, walau volume sudah dibuka penuh…….jadi tambah jakin kalau ic problem !!!
clip_image002
SOLUSI :
Coba cari ke service resmi Sharp dan Polytron. Keduanya sudah tidak memiliki lagi (discontinue)……..wah berabe nih……
Coba cari on line ke Ebay……ada harganya $15 tambah ongkos kirim $5…… wuih… mahalnya….belum nanti ditambah bea masuk ????
Coba kontak akang DEDE (digitalmas.blogspot.com). Alhamdullilah dapat mencarikan part tersebut (…….malah dikasih gratis pulsa……trims akang Dede……lain kali minta tolong lagi….jangan kapok ya……bagus rencananya untuk buka toko on-line yang akan menyediakan part-part yang sulit dicari……..saya dukung sepenuhnya).
Setelah part datang langsung pasang dan………..pesawat langsung OK.

Cara ServisTV LG ULTRA SLIM STANDBY

Cara Servis Tv LG Ultra slim
Dapet pasien lagi tv lg ultra slim dengan keluhan tv gak mau star padahal led nyala,menurut keterangan bapak yang punya tv ini,dia ketiduran saat istirahat sambil nonton tv,sehabis bangun tidur tv udah mati dikiranya dimatikan oleh istrinya ,dia coba nyalakan tv e…ternyata tvnya juga ikut tidur,kubuka casang dan ku amati gak ada komponen yang hangus cek output regulator normal-normal aja,tv ini baru dua bulan bapak itu beli,kupikir ada solderan yang longgar,ternyata ga ada semua solderan baik baik saja,setelah saya cek pada kaki output KIA78R09PI.kaki no 1 jln msk tegangan ada bgs .kaki no 2,seharusnya keluar tegangan 9volt tpapi tdk keluar tegangan dan kaki no 4 seharusnya keluar 5 volt.juga tdk ada,sedangkan kaki no 3 adalah ground.setelah pergantian i c regulator KIA 78R09 TV KEMBALI NORMAL;………YA BAYARAN.. LAGI

TV LG TURBO RF-21CA21E

awalnya saya kira akan terjadi perang besar antara saya dengan tuh tv LG ehhhh ternyata….! Siang ini dapet servis Tv di rumah.
Tv LG Turbo Champ type RF-21CA21E,yang menggunakan IC single type TDA9381PS/N2/3/0472 -01CTMPH004A,kerusakan tv ini bila baru di hidupkan suara normal tapi gambar lambat munculnya,sementara gambar hanya blank hitam,padahal H/T juga sudah menyala,bila potensio screen di buka layar juga sudah memberikan respon dengan munculnya garis blanking,tetapi setelah beberapa menit gambar bisa muncul,hanya saja dalam kondisi berkedip dulu(bukan bergoyang lho hhhhhhh…)setelah berkedip beberapa saat,barulah keluar gambar tapi disisi atas terdapat garis-garis lidi kurng normal.
Ternyata kerusakannya pada rangkaian vertikalnya,tepatnya pada C304 senilai 100uf/35V,setelah penggantian komponen tersebut,baru tv bisa normal oke sukses buat semua….

TV LG 21FU1RL MATI TOTAL

 

Pagi tadi dapat servisan TV LG LAYAR DATAR TIPE 21FU1RL,dengan kerusakan mati total.lampu power/led tidak menyala sama sekali.langkah pertama saya buka tutup tv,pasang AVOMETER CEK tegangan input dan begitu di on saklar power langsung terdengar bunyi berderit rari trafo smps/switching.ternyata smps mendapatkan beban over/beban terlebih,maka diakan pengecekan pertama pasang tester hitam kekaki kolektor horisontal dan tester merah ke kaki basis dan emitor pada skala x1.jarum ada bergerak 1/4 dari skala bacaan pada avometer,klu begitu ada short antara kolektor dengan basis/emitor.supaya hasilnya lebih pasti komponen apa yang rusak saya buka solderan TR HOT,setelah tercabut ukur dengan skala x1k,ternyata TR HOT jebol/short,jangan lupa sekalian cek capacitor mylar 183/2000V,Biasanya nilai komponen ini sering berubah nilainya mendekati nol yang mengakibatkan tr hot jebol….setelah pergantian 2 komponen yaitu tr hot C 6090 dan capacitor keramik/mylar 183/2KV,AKHIRNYA TV KEMBALI NORMAL….
Miang99

TRANSISTOR JEBOL TERUS

Kali ini saya akan menuliskan pengalaman pribadi sebagai tehnisi.sering kali dapat servisan tv Dengan kerusakan HOT SHORT.begitu di ganti cuma bertahan 1/2hari.biasanya saya putuskan jalur kaki flyback ke colektor kemudian pasang R 0,56ohm 1watt.di jalur yang di putus….ok semoga bermanfaat

Sumber :  http://servisotodidak.wordpress.com/

0 comments:

DesignTemplate By : KBG KolomBlogGRATIS.blogspot.com