Admint "BLOG'S - HM - J. SUANDY

  • Pasang & Service Parabola Hub. "HP - 085863334821

  • Home » » Memperbaiki Laci VCD Jadul yang macet dengan menggunakan Benang Jahit

    Memperbaiki Laci VCD Jadul yang macet dengan menggunakan Benang Jahit


    Tidak bisa di pungkiri kalau pada jaman sekarang ini masih ada aja orang yang masih memelihara benda yang bernama Video Compact Disc ( VCD ), padahal masa kejayaannya sudah digantikan oleh DVD player. 

    Kita yang berprofesi sebagai Tukang service electronic terkadang malas-malasan juga melayani perbaikan benda seperti itu, ya ... selain suku cadang nya sudah mulai langka, biaya yang diperlukan untuk perbaikannya pun kadang lebih mahal dari harga sebuah DVD player.

    tapi sudahlah ... Anggap saja benda tersebut sudah terlanjur ada di meja kerja kita, sementara sang pemilik terus menatap kita dengan tatapan yang penuh harap, dan ini artinya mau tidak mau kita harus memperbaikinya.


    Oke. Langsung saja pada pembahasan kita. Laci Tempat untuk meletakkan piringan VCD sebelum dimasukkan ke dalam VCD Player, seringkali gagal melaksanakan tugasnya dengan sempurna.
    Pada kondisi normal, setelah Tombol Open/Close di tekan dan laci tertarik masuk ke dalam VCD player, seharusnya gambar dan suara langsung muncul di Televisi yang sudah kita hubungkan dengan VCD player tersebut. Tapi karena gagal  hal tersebut tidak terjadi, bahkan  laci keluar kembali disertai suara motor Open/Closenya yang terus berdenging.
    Menurut pengalaman penulis, hal ini terjadi karena karet vanball yang menghubungkan sistem mekanik ke poling Motor Open / Close sudah kendor, sehingga tidak mampu melaksanakan tugasnya dengan baik.



    Permasalahan ini sebenarnya bisa diatasi hanya dengan mengganti Karet vanball dan poling motor Open / Close saja, mudah memang  kalau masih ada yang jual, tapi bagaimana kalau di wilayah kita benda seperti itu sudah langka atau bahkan sudah punah sama sekali ... ?
    Tenang .... ! ada cara lebih gampang dan tidak memerlukan banyak biaya, perhatikan gambar benda di bawah ini :


    Benang jahit .... ? ya, gulungan benang inilah yang akan membantu menyelesaikan pekerjaan kita kali ini, mencarinya pun tidak perlu ke toko electronik, cukup di warung sebelah rumah kita saja.

    Caranya ... ? tidak susah kok, begini :
    1. Lepaskan karet vanball.
    2. Copot Poling dari As Motor Open /Close.
    3. Lilit kan benang pada alur poling tempat karet vanball di kaitkan. Lilit kan Benang sampai memenuhi alur dan usahakan serapat mungkin.
    4. Pasang kembali Poling pada As Motor Open / Close.
    5. Pasang Karet vanball seperti semula.
    6. selesai, Silahkan dicoba dan lihat hasilnya.
     Catatan :
    1. Untuk memperlancar kerja sistem mekanik  yang akan dibebankan ke Motor Open / Close, sebaiknya semua bagian mekanik Open / close yang begesekan diberi bahan pelumas. bisa pakai pelumas apa aja oli, gemuk, bahkan termal paste pun bisa digunakan.
    2. Ujung benang yang telah dililitkan  ke Poling, sebaiknya di lem agar benang tidak ter urai saat poling berputar bolak-balik.

    Demikian, semoga bermammfat. Mohon saran dan kritiknya ... !


    Advertisement

    0 comments:

    Post a Comment

    SEWA MOBIL Cp-081280799229

    Www.Monitor.net.ru

  • www.digitalmas.co.id

  • Solectv.blogspot.com

  • tvservicemenu.blogspot.com

  • mouse

    Powered by Blogger.

    Laptop & Netbook

  • Monitor Lcd

  • Ajsteknik.com

  • specialistlcd

  • notifikasi
    close