Admint "BLOG'S - HM - J. SUANDY

  • Pasang & Service Parabola Hub. "HP - 085863334821

  • Home » » Kelemahan tv cina

    Kelemahan tv cina

    TV China gambar bergerigi,OSD hilang timbul,suara berdesah


                   Sore tadi dapet panggilan service untuk memperbaiki tv jadul yang sudah di ganti mesinnya dengan mesin tv china WCOM,dengan keluhan gambar normal cuma bergerigi kecil-kecil di seluruh gambar,di samping itu OSD kadang muncul kadang enggak kadang juga bergetar,di tambah lagi suaranya yang di sertai desah yang cukup menggangu.
                   Seperti biasa tv china ini menggunakan aisy program LC863532B 54D5 dan aisy kroma LA76810A,langkah awal saya solder ulang dulu karena memang lumayan banyak yang pada retak kondisi solderannya,kemudian saya coba ONkan si TV tapi masih tetep saja,beralih ke pengecekan elko-elkonya di sekitar output regulator dan vertikal juga oke-oke saja.
                   Beralih lagi pengecekan di area jalur AFC dan OSD juga tidak ada masalah,tanpa sengaja pandangan mata tertuju pada elko di jalur ABL deket FBTnya,saya lihat posisi dari atas kok bentuknya aneh banget ya,setelah saya inguk EEEEE......LADALAH.....jebule njebrot,kikikikiki.......langsung saja tanpa pikir panjang aku ganti dengan yang baru,kemudian saya ONkan tv dan m@k BYAAAAARRRRR.....tv kembali ke posisi normal,gambar dan suara jernih lagi dan OSD pun anteng polahe hehehehe...... Karena unsur ketidaksengajaan atau memang keberuntungan saya ya?
                   Yaaaah....kalau memang sudah rejeki nggak akan kemana,Ahamdulillah ya ALLOH....Amin
    Semoga bermanfaat dan SUKSES buat sampean SEMUA........!!!!



    Penting!!!
    Kasus dan keluhan boleh sama tapi penanganan dan sumber masalah mungkin bisa berbeda.

    Senin, 01 November 2010

    TV China Nggak Dapat Siaran

                      Kemarin siang dapet panggilan service untuk memperbaiki tv china yang nggak bisa menangkap chanel dari beberapa siaran stasiun tv,jadi ketika di lakukan auto search/manual search/fine tuning tv tidak ada chanel yang tertangkap sama sekali,ketika search berlangsung,raster noise salju(red.raster kepyur) nggak ada,yang ada adalah hanya layar hitam gelap dengan OSD dari proses searching saja yang nampak.
                      TV ini menggunakan IC kroma LA76810A, IC program LC863532C 55P9,IC vertikal LA78040,melihat gejala yang ada nampak jelas kalau rangkaian IF belum bekerja karena di tandai dengan hilangnya raster noise salju/raster kepyur,kemudian saya lakukan pengukuran tegangan di semua Vcc yang masuk ke IC kromanya,antara lain di pin 8=5V,pin 18=8V,pin 25=5V,pin 31=5V,pin 43=5V,naaaaaah di pin 8 inilah si tegangan 5V nya absen nggak tahu lagi keluyuran kemana,setelah saya telusuri eeeeeee......ternyata lagi di palak sama L102 di pintu gerbang Vcc IF nya hehehehe.......setelah saya ganti pemalak tegangan L102 tersebut dengan R 0,47ohm,boleh masuklah tegangan 5V tersebut ke pintu gerbang Vcc IFnya,dan akhirnya setelah TV di ON kan,para chanel siaran tv pun pada bermunculan semua,hehehehehe.......senangnya hatiku dapet bayaran lagi kikikikikiki...........
    SUKSES buat sampean-sampean SEMUA.....................



    Penting!!!
    Kasus dan keluhan boleh sama tapi penanganan dan sumber masalah mungkin bisa berbeda.

    Jumat, 28 Mei 2010

    TV China Bergaris Vertikal

                  Kali ini dapet lagi servisan tv China yang hanya bergaris vertikal dari atas ke bawah tepat di tengah-tengah layarnya,dimana kerusakan seperti ini penyebabnya adalah belum bekerjanya rangkaian horizontal secara penuh atau masih tertahan oleh sesuatu hal.
                  Akhirnya perburuan pun di mulai dari rangkaian horizontal di sekitar FBT,dan tertangkaplah biangnya hehehehe.......yaitu terbakarnya L441:37uh dan putusnya R441:1K,hmmmmmm......tahun lalu juga pernah dapet kasus kayak gini,kerusakan sama tapi efek yang di timbulkan di layar berbeda,naaaaahhhh......rekan-rekan semua harap cermat dan teliti ya? hehehehe.......
    Setelah penggantian 2 komponen tersebut pun tv sudah bisa normal kembali.SUKSES BUAT ANDA SEMUA!!!



    Penting!!!
    Kasus dan keluhan boleh sama tapi penanganan dan sumber masalah mungkin bisa berbeda.

    Rabu, 04 November 2009

    TV China Mati Standby

                     Kemarin siang dapet panggilan service untuk memperbaiki tv China yang kerusakannya mati standby. Tv ini menggunakan IC tunggal buatan Toshiba dengan seri 8873CSCNG6PR6 HAY-22,setelah saya lepas tutup box belakangnya,tv saya nyalakan beberapa saat untuk mengecek reaksi di beberapa bagian,terutama di bagian horizontalnya,di bagian ini saya dapati heatsink Tr horizontal panas sekali,seperti reaksi bila FBT mengalami kerusakan,awalnya saya juga berpikiran begitu tapi kok akhirnya jadi ragu-ragu sendiri hehehehehe....
                    Akhirnya FBT saya lepas dan saya cek apakah short ataukah tidak,ternyata emang masih baik-baik saja wiiuuuhh...hampir saja tertipu aku. Kemudian FBT pun saya pasang lagi dan tv saya nyalakan untuk mengetahui secara pasti apa penyebab sesungguhnya panas berlebih pada heatsink Tr horizontal ini,walhasil penyebab sesungguhnya ternyata pada V303=D2012,di mana body TR ini juga di sekrupkan ke heatsink Tr horizontal,jadi jika kita kurang teliti pasti akan mengira sumber panas berlebih adalah dari Tr horizontal,padahal tidak! hehehehe........
                   Setelah penggantian TR V303=D2012 tersebut,tv saya coba nyalakan dan MAK THUUUUSSSS....transistor V303 tersebut langsung pecah,waoooww....ada apa lagi ini(pikirku),petan -petan lagi di seputar rangkaian horizontalnya,dan di dapati ada sebuah diode VD435=FR309 dalam keadaan short,diode ini terhubung dengan kaki kolektor TR horizontal dan terparalel dengan 2 buah C volt tinggi,wiuuuuh....
                  Setelah pergantian 2 pemain tersebut,tv saya coba nyalakan lagi dan MAK NYOOOSSSS.....horeeeeee.....berhasil GUY'S! Saya periksa panas pada heatsink nya sudah nggak berlebihan lagi,tutup box belakang tv pun saya pasang dan di atur di rak tv,dan saya tes sekali lagi selama 1 jam,ternyata sudah tidak ada error maneh.
                 Yo wis lah Alhamdulillah di teruske totalan lalu bayaran maning hehehehe.....SUKSES BUAT SEMUA.



    Penting!!!
    Kasus dan keluhan boleh sama tapi penanganan dan sumber masalah mungkin bisa berbeda.

    Jumat, 25 September 2009

    Short Katoda Dengan G1


                     Kadangkala kita dapat servisan tv yang kerusakannya berupa tv bisa hidup normal,suara juga normal hanya saja layar tiidak menampilkan gambar alias blank dengan warna tertentu dengan disertai line-line horizontal di seluruh bagian layar CRTnya,hal ini di sebabkan karena katoda short terhadap G1,bila yang short katoda merah(R) maka layar akan blank berwarna merah di sertai line-line horizontal,bila yang short katoda hijau(G) maka layar akan blank berwarna hijau disertai line-line horizontal,bila yang short katoda biru(B) maka layar akan blank berwarna biru disertai line-line horizontal.
                    Trik yang biasa saya lakukan bila mendapat kasus seperti ini adalah dengan memberi tegangan tinggi sesaat pada katoda yang bermasalah yaitu dengan cara ambil seutas kabel kira-kira 50cm yang di salah satu ujungnya sudah kita tambahkan jepit buaya dan yang ujungnya lagi kita kasih bekas 1 pin soket CRT biar mudah pemakaianya,kemudian tarik soket blok RGB dari CRT,tancapkan/tusukkan kabel yg sudah bersoket tadi ke katoda yang bermasalah,sedangkan ujung kabel yang sudah berjepit buaya tadi kita jepitkan ke ujung obeng minus yang sudah kita selipkan ke dalam kop tudung anoda,lalu hidupkan tv sebentar saja mak crrrrrtttt.....kemudian lepas lagi kabel dan obeng tadi dan pasang kembali blok RGB soket ke CRT dan coba hidupkan tv untuk melihat hasilnya,bila belum berubah ulangi langkah di atas,bila sudah normal,berarti pekerjaan sudah selesai.
                    Metode pemberian tegangan tinggi sesaat seperti ini juga bisa digunakan pada short G2/fokus terhadap G1,dan Alhamdulillah selama ini 90% berhasil,tapi perhatian buat rekan-rekan yang masih pemula ya DON'T TRY THIS AT WORK,VERY DANGEROUS!
    hehehe...Sukses Buat Kita Semua



    Penting!!!
    Kasus dan keluhan boleh sama tapi penanganan dan sumber masalah mungkin bisa berbeda.

    Senin, 14 September 2009

    Gambar Bergetar Pada Tv China


                     Kemarin siang dapet servisan tv 14'',di counter ETNIX miliknya ibu Lurah Blaran depan RSIA Bhakti Persada,Barat,Magetan.Dengan kerusakan gambar normal,tapi kadang-kadang bergetar sebentar,walaupun tidak seberapa tapi sangat menggangu kenyamanan mata,tv ini menggunakan IC single type LC76931S 7N/59F8(model berparit).
                    Seperti biasa resoldering di semua titik yang rentan terkena panas saya lakukan terlebih dahulu,usai resoldering saya coba nyalakan tv untuk pengecekan tegangan,berdasar pengecekan semua tegangan normal hanya untuk tegangan 5V agak drop sekitar 4V saja,setelah saya telusuri ternyata sumbernya dari V508A=S8050 yang sangat panas sekali bodynya,kemudian saya lepas dan saya cek dengan avometer ternyata memang ada kelainan,langsung aja saya ganti dengan yang baru kemudian saya pasang lagi,dan coba nyalakan tv untuk melihat hasilnya,dan ternyata setelah di tes selama 2 jam,sudah tidak ada lagi gambarnya yang bergetar.
                   Alhamdulillah kalo begitu,cashing belakang di pasang,kemudian pasang sekrupnya,atur di meja,trus nyalakan lagi,dan tugaspun selesai kemudian tinggal totalan dan BAYARAN maneh hehehe....Sukses Buat Semua.



    Penting!!!
    Kasus dan keluhan boleh sama tapi penanganan dan sumber masalah mungkin bisa berbeda.

    Jumat, 01 Mei 2009

    Raster Cacat Tv China


                      Siang ini dapet panggilan service tv di rumahnya Bu Yatni,Sambirembe,Karangrejo,Magetan.Tv nya produksi China dengan label PLASMA dengan kerusakan gambar yang di hasilkan abnormal yaitu gambar berbentuk bidang trapesium,gambar bagian atas lebih lebar daripada bagian bawah,dimana gambar dipenuhi oleh garis-garis horizontal.
                      Awalnya saya menduga kerusakan pada defleksi bagian horizontalnya short atau terbakar,tapi setelah saya lepas defleksi dari leher CRT hmmmm.....nggak ada tanda-tanda kerusakan ataupun terbakar pada defleksinya,akhirnya saya pasang kembali ke CRT.Pekerjaan saya lanjutkan ke penyolderan ulang pada bagian FBT dan sekitarnya,kemudian tv coba saya nyalakan dan.........ada yang merokok(ngebul) di dekat TR horizontal(he he sory Kang Sarif istilahnya saya pinjem sebentar).
                     Spontan langsung saya cek komponen yang merokok tadi,ternyata L441=37UH yang letaknya disamping soket kabel defleksi short yang akhirnya terbakar.Setelah penggantian komponen tersebut tv pun bisa normal kembali.
                     Asyik Bayaran Lagi...he he he ALHAMDULILLAH!!



    Penting!!!
    Kasus dan keluhan boleh sama tapi penanganan dan sumber masalah mungkin bisa berbeda.

    Kamis, 30 April 2009

    Kelemahan Pada Tv Rakitan China (2)


                      Perhatian!!! postingan ini khusus buat para PEMULA (buat para profesional,bisa untuk tambahan referensi he... he... he...).Penyakit yang sering di jumpai pada tv china sejauh pengalaman saya adalah mati total ataupun mati standby,yang mungkin di karenakan kualitas komponen yang digunakan bagi saya kurang baik,akan tetapi tidak semua tv china menggunakan komponen yang kurang baik,ada merk IZUNLI,MAYAKA,CHANGHONG,KONKA yang keawetan dan daya tahannya luar biasa,bahkan melebihi tv-tv merk dari Jepang maupun Korea.
                      Oke langsung saja ya! pada tv china yang mati total biasanya kerusakan pada blok regulator acmatic,yang ditandai dengan putusnya fuse FU501 dan R502=3.9R7watt,dimana penyebabnya antara lain:

    Pertama     = short pada V513=D2498/D1710/C5299.
    Kedua       = short/mati pada V512=C3807.
    Ketiga       = short pada C516=680pf/2KV.
    Keempat   = putusnya R524/R525.

                      Hal-hal di atas adalah penyebab utama mati total pada tv china.Short pada TR penguat horizontal V432 kadang juga menyebabkan rangkaian regulator acmatic menjadi lumpuh,tapi bagi saya sangat jarang terjadi.Mungkin ada tambahan dari rekan-rekan teknisi yang lain?

    Rabu, 29 April 2009

    Kelemahan Pada Tv Rakitan China (1)

     
                    Hari ini saya mendapat servisan 2 tv sekaligus,dua-duanya mesin originalnya telah dengan di ganti dengan mesin tv rakitan china dengan merk HUI JIA,dan kedua-duanya juga mengalami kerusakan yang sama yaitu mati standby,tv tidak bisa dioperasikan baik dari remote maupun dari panelnya.
                    Berdasarkan pengecekan saya,semua tegangan pada output trafo acmaticnya normal semua,kecuali output tegangan 16v nya drop tinggal 9v,setelah saya telusuri ternyata elco C564=470uf/25v bocor,setelah penggantian elco tersebut tv pun bisa normal kembali,perlu di ingat buat para pemula(bukan kepada para insinyur elektronik tentunya he he...)penggantian elco jangan hanya yang terlihat rusak saja,karena umumnya elco-elco pada tv rakitan china menggunakan elco yang tidak tahan terhadap panas,gampang menggembung dan bocor,ganti elco yang berkualitas bagus pada C561=220uf/160v,C562=22uf/250v,C563=470uf/35v,CC564=470uf/25v,C565=1000uf/35v,juga elco-elco pada rangkaian vertikal dan audionya.
                     Dengan mengganti elco-elco tersebut setidak-tidaknya bisa menambah panjang umur mesin tv tersebut alias awet,tapi jangan lupa penyolderan ulang pada bagian -bagian yang rentan terhadap panas mutlak dilakukan,kalau tidak tv yang baru anda reparasi tidak beberapa lama akan kembali lagi ke meja kerja anda alias kumat lagi he he....oke selamat bekerja,selamat mencoba,sukses buat anda semua
    Advertisement

    3 comments:

    1. thanks infonya!!!Blog ini sangat membantu saya,,
      jaya terus sukabumi Electronic

      ReplyDelete
    2. Om gimana caranya mengganti socket crt mesin wansonic (pin 9) dengan socket crt changhong (pin 7), thanks

      ReplyDelete

  • SEWA MOBIL Cp-081280799229
  • Www.Monitor.net.ru

  • www.digitalmas.co.id

  • Solectv.blogspot.com

  • tvservicemenu.blogspot.com

  • mouse

    Powered by Blogger.

    Laptop & Netbook

  • Monitor Lcd

  • Ajsteknik.com

  • specialistlcd

  • notifikasi
    close